Ikatan Hidrogen dan Ikatan Kovalen

Ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara cara beberapa atom. Ikatan kimia sangat penting agar atom-atom tersebut dapat saling terhubung dan membentuk suatu senyawa. 

Dari sekian banyak ikatan ada dua ikatan yang sering kita kenal yaitu ikatan hidrogen dan ikatan kovalen. 

Adapun pengertian ikatan hidrogen dan ikatan kovalen akan kita bahas dalam artikel ini. 

Ikatan kovalen

Ikatan kovalen adalah ikatan kimia yang terbentuk antara dua atom yang saling menggunakan secara bersama-sama elektronnya. Oleh karena itu ikatan ini juga sering disebut dengan ikatan tarik menarik antar molekul. Ikatan kovalen antara dua atom yang elektron terluarnya biasanya tidak berpasangan. Karena itu dengan adanya ikatan kovalen maka atom terluar tersebut bisa menjadi berpasangan. 

Adapun tujuan utama dari pembentukan ikatan kovalen adalah pagar elektron terluar yang tidak berpasangan menjadi berpasangan sehingga senyawa menjadi lebih stabil. 

Ikatan kovalen dapat kita lihat contohnya pada gambar berikut:


Ikatan hidrogen

Ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi antara dua atom dari molekul yang berbeda. Jika dibandingkan dengan ikatan antar molekul lain seperti ikatan polar polar atau ikatan non polar non polar atau ikatan Van der wall maka ikatan hidrogen jauh lebih kuat. Walaupun demikian ikatan hidrogen lebih lemah dibandingkan dengan ikatan kovalen.

Ikatan hidrogen biasanya terjadi antara atom H dengan atom O, N, dan F. Contoh ikatannya dapat dilihat pada gambar berikut:


Demikian artikel mengenai ikatan hidrogen dan ikatan kovalen semoga bermanfaat. 

Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Artikel Lainnya